Cara Kerja Sistem Operasi
Cara
kerja sistem komputer Ketika teknologi yang digunakan pada komputer digital
telah berganti secara dramatis sejak komputer pertama kali digunakan pada tahun
1940-an, komputer kebanyakan masih menggunakan arsitektur Von Neumann, yang
diusulkan di awal 1940-an oleh John von Neumann. Arsitektur Von Neumann
menjelaskan bahwa komputer memiliko 4 bagian utama: Unit Aritmatika dan Logis
(ALU), unit kontrol, memori, dan alat masukan dan hasil (secara kolektif
dinamakan I/O). Bagian ini dihubungkan oleh berkas kawat, "bus"
Memori modul
memori RAM Di sistem ini, memori adalah urutan byte yang dinomori (seperti
"sel" atau "lubang burung dara"), masing-masing berisi sepotong
kecil informasi. Informasi ini mungkin menjadi perintah untuk mengatakan pada
komputer apa yang harus dilakukan. Sel mungkin berisi data yang diperlukan
komputer untuk melakukan suatu perintah. Setiap slot mungkin berisi salah satu,
dan apa yang sekarang menjadi data mungkin saja kemudian menjadi perintah.
Memori menyimpan berbagai bentuk informasi sebagai angka biner. Informasi yang
belum berbentuk biner akan dipecahkan (encoded) dengan sejumlah instruksi yang
mengubahnya menjadi sebuah angka atau urutan angka-angka. Sebagai contoh: Huruf
F disimpan sebagai angka desimal 70 (atau angka biner ) menggunakan salah satu
metode pemecahan. Instruksi yang lebih kompleks bisa digunakan untuk menyimpan
gambar, suara, video, dan berbagai macam informasi. Informasi yang bisa
disimpan dalam satu sell dinamakan sebuah byte.
Secara umum, memori bisa
ditulis kembali lebih jutaan kali - memori dapat diumpamakan sebagai papan
tulis dan kapur yang dapat ditulis dan dihapus kembali, daripada buku tulis
dengan pena yang tidak dapat dihapus. Ukuran masing-masing sel, dan jumlah sel,
berubah secara hebat dari komputer ke komputer, dan teknologi dalam pembuatan
memori sudah berubah secara hebat - dari relay elektromekanik, ke tabung yang
diisi dengan air raksa (dan kemudian pegas) di mana pulsa akustik terbentuk,
sampai matriks magnet permanen, ke setiap transistor, ke sirkuit terpadu dengan
jutaan transistor di atas satu chip silikon.
Pemrosesan
Unit Pemproses Pusat atau CPU (
central processing unit) berperanan untuk memproses arahan, melaksanakan
pengiraan dan menguruskan laluan informasi menerusi system komputer. Unit atau
peranti pemprosesan juga akan berkomunikasi dengan peranti input , output dan
storan bagi melaksanakan arahan-arahan berkaitan. Berkas:CPU with pins.jpg
Contoh
sebuah CPU dalam kemasan Ball Grid Array (BGA) ditampilkan terbalik dengan menunjukan
kaki-kakinya
Dalam
arsitektur von Neumann yang asli, ia menjelaskan sebuah Unit Aritmatika dan
Logika, dan sebuah Unit Kontrol. Dalam komputer-komputer modern, kedua unit ini
terletak dalam satu sirkuit terpadu (IC - Integrated Circuit), yang biasanya
disebut CPU (Central Processing Unit).
Unit
Aritmatika dan Logika, atau Arithmetic Logic Unit (ALU), adalah alat yang
melakukan pelaksanaan dasar seperti pelaksanaan aritmatika (tambahan,
pengurangan, dan semacamnya), pelaksanaan logis (AND, OR, NOT), dan pelaksanaan
perbandingan (misalnya, membandingkan isi sebanyak dua slot untuk kesetaraan).
Pada unit inilah dilakukan "kerja" yang nyata. Unit kontrol menyimpan
perintah sekarang yang dilakukan oleh komputer, memerintahkan ALU untuk
melaksanaan dan mendapat kembali informasi (dari memori) yang diperlukan untuk
melaksanakan perintah itu, dan memindahkan kembali hasil ke lokasi memori yang
sesuai. Sekali yang terjadi, unit kontrol pergi ke perintah berikutnya
(biasanya ditempatkan di slot berikutnya, kecuali kalau perintah itu adalah
perintah lompatan yang memberitahukan kepada komputer bahwa perintah berikutnya
ditempatkan di lokasi lain).
Input dan Hasil I/O
membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan menaruh
hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau non fisik
(softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab keyboard, monitor dan
disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti webcam (kamera web, printer,
scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka meng-encode
(mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang bisa diolah lebih
lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output, men-decode data ke dalam
informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai komputer. Dalam pengertian ini,
sistem komputer digital adalah contoh sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas
bukan perintah seperti bahasa manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah
terbatas perintah sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang
dipahami kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat
tiruan di sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat
akibat di sel 013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah
berikutnya anda di sel 345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk
"menyalin" mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah
khusus yang didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin
komputer. Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk
komputer secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin, seperti
assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti Prolog
didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan sebenarnya
oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya, memori
komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil dekat CPU.
Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer adalah ancilliary
sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik) atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu hal
utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja secara
bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai sebagian besar untuk
maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah berbeda secara signifikan
dari model di atas, tetapi mereka sudah menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil disimpan,
dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai komputer
dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer berisi
jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang kali. Suatu
[[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003) bisa melakukan
sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer tidak mendapat kemampuan
luar biasa mereka lewat kemampuan untuk melakukan perintah kompleks. Tetapi,
mereka melakukan jutaan perintah sederhana yang diatur oleh orang pandai,
"programmer." "Programmer Baik memperkembangkan set-set perintah
untuk melakukan tugas biasa (misalnya, menggambar titik di layar) dan lalu
membuat set-set perintah itu tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini,
kebanyakan komputer kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini
biasanya diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih ke
program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang kecil ini
sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini menimbulkan khayal
program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan dengan memberikan waktu CPU
di antara program. Ini mirip bagaimana film adalah rangkaian kilat saja masih
membingkaikan. Sistem operasi adalah program yang biasanya menguasai kali ini
membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam
gabungan dari potongan kode yang berguna. Ketika semacam kode komputer dapat
dipakai secara bersama oleh beraneka-macam program komputer, setelah
bertahun-tahun, programer akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program
yang mana dijalankan, kapan, dan alat yang mana (seperti memori atau I/O) yang
mereka gunakan. Sistem operasi juga memberikan servis kepada program lain,
seperti kode (driver) yang membolehkan programer untuk menulis program untuk
suatu mesin tanpa perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang
terhubung.
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin"
mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang
didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer.
Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer
secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya,
memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil
dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik)
atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja
secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil
disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai
komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer
berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang
kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003)
bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer
tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah
sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih
ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film
adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer
akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat
yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Input dan Hasil
I/O membolehkan komputer mendapatkan informasi dari dunia luar, dan
menaruh hasil kerjanya di sana, dapat berbentuk fisik (hardcopy) atau
non fisik (softcopy). Ada berbagai macam alat I/O, dari yang akrab
keyboard, monitor dan disk drive, ke yang lebih tidak biasa seperti
webcam (kamera web, printer, scanner, dan sebagainya.
Yang dimiliki oleh semua alat masukan biasa ialah bahwa mereka
meng-encode (mengubah) informasi dari suatu macam ke dalam data yang
bisa diolah lebih lanjut oleh sistem komputer digital. Alat output,
men-decode data ke dalam informasi yang bisa dimengerti oleh pemakai
komputer. Dalam pengertian ini, sistem komputer digital adalah contoh
sistem pengolah data.
Instruksi
Perintah yang dibicarakan di atas bukan perintah seperti bahasa
manusiawi. Komputer hanya mempunyai dalam jumlah terbatas perintah
sederhana yang dirumuskan dengan baik. Perintah biasa yang dipahami
kebanyakan komputer ialah "menyalin isi sel 123, dan tempat tiruan di
sel 456", "menambahkan isi sel 666 ke sel 042, dan tempat akibat di sel
013", dan "jika isi sel 999 adalah 0, perintah berikutnya anda di sel
345".
Instruksi diwakili dalam komputer sebagai nomor - kode untuk "menyalin"
mungkin menjadi 001, misalnya. Suatu himpunan perintah khusus yang
didukung oleh komputer tertentu diketahui sebagai bahasa mesin komputer.
Dalam prakteknya, orang biasanya tidak menulis perintah untuk komputer
secara langsung di bahasa mesin tetapi memakai bahasa pemrograman
"tingkat tinggi" yang kemudian diterjemahkan ke dalam bahasa mesin
secara otomatis oleh program komputer khusus (interpreter dan kompiler).
Beberapa bahasa pemrograman berhubungan erat dengan bahasa mesin,
seperti assembler (bahasa tingkat rendah); di sisi lain, bahasa seperti
Prolog didasarkan pada prinsip abstrak yang jauh dari detail pelaksanaan
sebenarnya oleh mesin (bahasa tingkat tinggi)
Arsitektur
Komputer kontemporer menaruh ALU dan unit kontrol ke dalam satu sirkuit
terpadu yang dikenal sebagai Central Processing Unit atau CPU. Biasanya,
memori komputer ditempatkan di atas beberapa sirkuit terpadu yang kecil
dekat CPU. Alat yang menempati sebagian besar ruangan dalam komputer
adalah ancilliary sistem (misalnya, untuk menyediakan tenaga listrik)
atau alat I/O.
Beberapa komputer yang lebih besar berbeda dari model di atas di satu
hal utama - mereka mempunyai beberapa CPU dan unit kontrol yang bekerja
secara bersamaan. Terlebih lagi, beberapa komputer, yang dipakai
sebagian besar untuk maksud penelitian dan perkomputeran ilmiah, sudah
berbeda secara signifikan dari model di atas, tetapi mereka sudah
menemukan sedikit penggunaan komersial.
Fungsi dari komputer secara prinsip sebenarnya cukup sederhana. Komputer
mencapai perintah dan data dari memorinya. Perintah dilakukan, hasil
disimpan, dan perintah berikutnya dicapai. Prosedur ini berulang sampai
komputer dimatikan.
Program
Program komputer adalah daftar besar perintah untuk dilakukan oleh
komputer, barangkali dengan data di dalam tabel. Banyak program komputer
berisi jutaan perintah, dan banyak dari perintah itu dilakukan berulang
kali. Suatu [[Personal computer[PC]] modern yang umum (pada tahun 2003)
bisa melakukan sekitar 2-3 milyar perintah dalam sedetik. Komputer
tidak mendapat kemampuan luar biasa mereka lewat kemampuan untuk
melakukan perintah kompleks. Tetapi, mereka melakukan jutaan perintah
sederhana yang diatur oleh orang pandai, "programmer." "Programmer Baik
memperkembangkan set-set perintah untuk melakukan tugas biasa (misalnya,
menggambar titik di layar) dan lalu membuat set-set perintah itu
tersedia kepada programmer lain." Dewasa ini, kebanyakan komputer
kelihatannya melakukan beberapa program sekaligus. Ini biasanya
diserahkan ke sebagai multitasking. Pada kenyataannya, CPU melakukan
perintah dari satu program, kemudian setelah beberapa saat, CPU beralih
ke program kedua dan melakukan beberapa perintahnya. Jarak waktu yang
kecil ini sering diserahkan ke sebagai irisan waktu (time-slice). Ini
menimbulkan khayal program lipat ganda yang dilakukan secara bersamaan
dengan memberikan waktu CPU di antara program. Ini mirip bagaimana film
adalah rangkaian kilat saja masih membingkaikan. Sistem operasi adalah
program yang biasanya menguasai kali ini membagikan
Sistem Operasi
Sistem operasi ialah semacam gabungan dari potongan kode yang berguna.
Ketika semacam kode komputer dapat dipakai secara bersama oleh
beraneka-macam program komputer, setelah bertahun-tahun, programer
akhirnya menmindahkannya ke dalam sistem operasi.
Sistem operasi, menentukan program yang mana dijalankan, kapan, dan alat
yang mana (seperti memori atau I/O) yang mereka gunakan. Sistem operasi
juga memberikan servis kepada program lain, seperti kode (driver) yang
membolehkan programer untuk menulis program untuk suatu mesin tanpa
perlu mengetahui detail dari semua alat elektronik yang terhubung.
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Make Money Online : http://ow.ly/KNICZ
Tidak ada komentar:
Posting Komentar